Zomato: Restaurant Finding App That Works (For me)

Saya masih ingat rasa skeptis saat pertama kali seorang rekan memberitahu saya tentang aplikasi Zomato. “Ah, paling sama kayak aplikasi restaurant finder lainnya, ga kepake juga ujung-ujungnya”, kira-kira kalimat tersebut yang terngiang di benak saya. Rasa skeptis yang muncul bukanlah tanpa alasan, sudah beberapa kali saya menggunakan aplikasi sejenis di Android, namun saya tidak merasa ada satu pun yang memenuhi kriteria “layak digunakan” yang saya miliki. Bukan berarti aplikasi sejenis lain itu buruk, tidak juga, bahkan beberapa dibuat dengan cukup baik.

Namun pada akhirnya setelah mendapatkan informasi bahwa Zomato merupakan aplikasi yang telah berkembang besar di luar sana, bahkan telah mendapatkan investasi yang cukup besar, rasa penasaran saya mengalahkan rasa skeptis yang muncul. Dan sayapun memutuskan untuk mendownload aplikasi ini dari Google Play Store.

Saat pertama kali saya membuka aplikasi ini,  saya sadar bahwa semua pemikiran saya mengenai “this is just another restaurant finding app” salah besar. Zomato berbeda, benar-benar berbeda. Dan sejak hari itu Zomato menjadi salah satu aplikasi yang selalu terinstall di HP saya.

Beberapa hari yang lalu, saya melihat iklan di facebook, bawa Zomato sedang membuka kesempatan bagi para penggunanya untuk medapatkan iphone dan kaus gratis  memberi masukan terhadap aplikasi ini. Sebagai seorang yang sehari-harinya berkutat dengan “Product Development” saya cukup tertarik untuk memberikan sudut pandang saya terhadap aplikasi ini, yah sekalian menajamkan kemampuan analisis terhadap suatu produk aplikasi.

Oke, mari kita mulai dari apa yang saya sukai dari aplikasi ini:

  1. Data Resto yang lengkap
    Inilah fitur utama Zomato yang membuat aplikasi ini berbeda dari aplikasi sejenis. Data yang disajikan sangat sangat lengkap. Bahkan membuat saya terkagum-kagum, bayangkan saja selain menyediakan data tentang Nama Restoran, Lokasi, dan Nomer Telefon, Zomato menyediakan informasi mengenai Menu dan Harga! Ya, informasi yang disajikan dalam bentuk foto ini merupakan hal yang sangat berharga bagi saya sebelum memutuskan untuk menuju suatu restoran. Saya bisa melihat menu apa yang tersesdia, dan budget yang perlu disediakan.  Harganya akurat, sudah bebrapa kali saya menggunakan aplikasi ini dan mencocokkan harganya dengan harga sebenarnya, dan hasilnya PERSIS SAMA.

    Data Restoran

    Data restoran yang lengkap

    Menurut saya, sebuah aplikasi yang mengandalkan konten tidak akan bermanfaat tanpa konten yang lengkap dan informatif. Mau aplikasinya sangat bagus sekalipun, jika informasi yang disediakan ala kadarnya tidak akan membuat pengguna betah berlama-lama menggunakannya. Menurut saya pribadi, Zomato memiliki kedua faktor tersebut dalam aplikasinya, konten yang sangat lengkap serta aplikasi yang bagus dan mudah digunakan. Hal ini yang membuat saya sangat menyukai menggunakan aplikasi ini saat sedang ingin makan di luar namun bingung mau makan di mana.

    Menu dan harga yang sesuai kenyataan

    Menu dan harga yang sesuai kenyataan

    Informasi menu dan harga yang lengkap ini menjadi salah satu “killer factor” yang dimiliki Zomato, foto menu dan harga yang disertakan sangat memudahkan saya dalam mengambil keputusan untuk menentukan tempat makan. Satu hal lagi, database nya sangat lengkap mulai dari restoran besar, hingga makanan-makanan pinggir jalan. Salut untuk hal ini!

  2. Fitur Nearby Restaurant
    Seringkali saya mengalami kebingungan mencari tempat makan saat sedang berada di suatu wilayah yang tidak terlalu saya kenal. Zomato memudahkan saya dalam menemukan tempat makan dengan cara menyajikan informasi mengenai tempat makan terdekat dari lokasi saya berada. Fitur ini, dikombinasikan dengan data yang lengkap, semakin membuat saya merasa aplikasi ini sangat bermanfaat.

    Pencarian restoran terdekat

    Pencarian restoran terdekat

Filter
Rasanya tidak lengkap jika fitur pencarian tidak dilengkapi dengan Filter. Zomato memberikan kemudahan penggunanya untuk mempersempit pencarian restoran. Pencarian dapat dipersempit berdasarkan range harga, tipe restoran (cafe, delivery, tempat makan), bahkan dapat difilter sesuai jenis makanan (ex. Bakso, Arab, Padang, dll). Hal ini tentunya sangat bermanfaat mengingat data restoran yang dimiliki Zomato sangat berl

Pencarian dipermudah dengan filter

Pencarian dipermudah dengan filter

Aplikasi ini apa adanya menurut saya sudah dapat memenuhi kebutuhan saya akan aplikasi Restaurant Finder. Namun, sebagai manusia yang tidak pernah puas tentunya ada beberapa hal yang ingin saya sarankan agar aplikasi ini dapat menjadi lebih baik lagi (menurut saya):

  1. Rekomendasi
    Zomato memiliki fitur review pengguna, kita dapat memfollow pengguna lain dan melihat review dan rekomendasi dari pengguna tersebut, saya menyebut fitur ini rekomendasi sosial. Adapun yang menurut saya akan menarik ditambahkan  adalah rekomendasi mesin, seperti apa yang dimiliki oleh Amazon maupun Google Play.

    Fitur rekomendasi google play

    Fitur rekomendasi google play

    Rekomendasi tersebut dapat berupa:

    • Orang yang pernah makan disini juga makan di:… (Covisitation)
      Rekomendasi ini didasarkan pada fitur “Been Here” dan “Rating” yang terdapat di halaman profil restoran. Zomato dapat mengumpulkan data kunjungan restoran dari orang-orang yang pernah mengunjungi restoran tertentu, karena biasanya orang yang menyukai suatu jenis makanan akan tertarik juga untuk mencoba makanan yang disukai orang yang memiliki selera yang sama. Semisal di halaman profile “Mie Bakso Mang Udjo” akan muncul rekomendasi seperti “Mie Ayam Super”. Rekomendasi ini sejenis dengan fitur “User Also Installed” pada Google Play.
    • Berdasarkan kesukaan pengguna (User Profile)
      Zomato tentunya memiliki profil tiap pengguna, restoran mana saja yang sudah dikunjungi, restoran mana saja yang disukai, maupun restoran mana saja yang sudah masuk “Wishlist”. Dari data tersbut tentunya Zomato dapat memprosesnya untuk memberikan rekomendasi kepada user restoran mana yang belum pernah dikunjungi dan kemungkinan disukai oleh user tersebut.
    • Restoran lain dari kategori yang sama
      Rekomendasi jenis ini mungkin merupakan rekomendasi yang paling simpel, cukup tampilkan restoran dari kategori sejenis yang belum pernah dikunjungi user. Rekomendasi ini sejenis dengan fitur “Similar Apps” pada Google Play
  2. Promo
    Terkadang, orang pergi ke suatu restoran karena tertarik dengan promo restoran tersebut. Entah promo diskon, promo kartu kredit, maupun jenis promosi lainnya. Akan sangat menyenangkan apabila Zomato juga dapat memberikan informasi mengenai restoran yang sedang mengadakan event promosi. Dengan demikian, user akan senang karena dapat membeli makanan dengan harga yang lebih murah, restoran juga akan senang karena semakin banyak pelanggan yang datang.
  3. Perbandingan Restoran
    Fitur ini saya rasa cukup menarik,  dimana user dapat menempatkan dua atau lebih restoran secara side-by-side untuk menentukan pilihan restoran mana yang terbaik. Fitur ini sudah banyak diimplementasikan pada situs gadget seperti Gsmarena, namun rasanya akan sangat menarik apabila diimplementasikan pada “Restaurant Finder”. Misal: User dapat membandingkan antara Restoran Padang A dan Restoran Padang B, mulai dari menu, harga, dan ulasan pengguna.
  4. Metode Login
    Satu lagi boleh ya? Saat ini saya melihat Zomato hanya mengintegrasikan login dengan menggunakan Facebook. Namun menurut saya, akan lebih seru apabils user juga dapat login menggunakan social media lain seperti Twitter, Path, maupun Google+,. Dan hey, tentunya semakin banyak teman yang bergabung akan semakin seru bukan?

Saya rasa sudah cukup ulasan dari saya, masih ragu? Silahkan langsung cek di Situs Resminya

Terakhir, terimakasih kepada developer yang telah menciptakan aplikasi yang memudahkan saya mencari tempat makan,  keep on rocking guys!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s