Two-enty Five!

Image

Jadi ceritanya harusnya tulisan ini dibikin sekitar dua hari yang lalu, namun karena males sesuatu dan lain hal, jadi barulah dibikin sekarang.

Ada yang bilang waktu itu relatif, bener juga kalo dipikir-pikir. Rasanya waktu mulai kuliah dulu, masa-masa SD itu udah lama banget berlalu. Rasanya juga, kalo diinget-inget sekarang, masa awal kuliah tuh kayak baru aja dialamin. Oke, coba kita lihat realitanya, lulus SD tahun 2000, masuk kuliah 2006, dan sekarang tahun 2013. Ternyata jarak dari awal kuliah ke SD tuh “cuman” 6 tahun, dan jarak dari awal kuliah ke saat sekarang udah 7 tahun! Jadi rasanya kata-kata orang tua saya yang sering bilang “Rasanya baru kemaren kamu segede gini * sambil kasih isyarat tangan yang menyatakan bahwa saya pernah bisa masuk ke kolong meja tanpa harus jongkok *, ga kerasa sekarang udah kerja aja”, menjadi masuk akal. Tampaknya persepsi kita terhadap waktu terus berubah seiring dengan semakin lamanya kita menjalani hidup di dunia.

Waktu masih anak-anak, kalo ngeliat orang kuliahan itu rasanya udah kayak liat orang gede, ngebayangin pasti udah dewasa banget kalo udah mulai kuliah, apalagi kalo udah kerja. Kenyataannya sekarang? Rasanya masih sama aja kayak dulu, masih seneng main, nonton kartun, bakan nyanyi-nyanyi di kamar mandi. Terkadang penasaran, kalo diri saya yang sekarang ini bisa terlihat oleh saya di masa kecil dulu, kira-kira saya bakal tetep ngeliat saya versi gede ini kayak saya mandang orang-orang gede lain di masa kecil dulu gak ya?

Anyway, sekarang saya tiba di pertengahan usia 20-an, yang mana menurut kabar, usia antara 20-30 diri seseorang bakal mengalami banyak perubahan, masa-masa transisi dari akhir masa remaja ke masa dewasa. Dari sekian banyak hal yang telah terjadi, baik yang direncanakan maupun gak direncanakan, pertanyaannya sekarang, udah sampai dimanakah saya saat ini?

Ngeri juga ngebayangin waktu yang berputar makin cepat, setidaknya menurut perasaan kita, tau-tau nanti gak kerasa udah habis waktu tinggal di dunia ini. Persoalan waktu ini dari zaman dulu sampai nanti akhir zaman harusnya hanya masalah “kau gunakan untuk apa waktumu?” , ini pertanyaan klasik yang sebenernya gampang dijawab, tapi masalahnya lagi, segimana berbobot jawabannya. Semua orang punya waktu yang sama, sehari versi Matt Damon 24 jam, sehari versi Bill Gates juga 24 jam, dan tentunya sehari versi saya juga 24 jam. Tapi kayak yang bisa diliat sekarang, Matt Damon ada dimana, Bill Gates sibuk ngapain, dan saya masih sibuk duduk disini bikin tulisan ini.

Terkadang saya coba melihat ke atas, banyak orang di usia yang sama, atau bahkan lebih muda dari saya sudah bisa melakukan hal-hal yang bahkan ngebayanginnya aja saya gak pernah. Gak usah jauh-jauh, banyak temen-temen yang saya kenal yang udah ngelakuin hal-hal luar biasa di usianya yang relatif masih sangat muda. Iri? Tentu, siapa yang gak ingin melakukan hal-hal hebat yang bisa membawa banyak manfaat bagi orang banyak. Tapi kalo dipikir lebih jauh, kenapa saya harus iri kalau ternyata usaha yang mereka lakukan jauh berlipat ganda dari usaha yang saya lakukan. Bukankah Tuhan sendiri Maha Adil? Setiap orang akan mendapatkan yang sesuai dari apa yang diusahakn.

Intinya, sekarang saya masih jauh ketinggalan dari banyak orang, setidaknya saya bersyukur saya masih diberi kesadaran buat menyadari hal tersebut. Lalu sekarang, kembali ke pertanyaan klasik tentang waktu, mau digunakan untuk apa waktu yang saya miliki ini? Tetap seperti kemarin-kemarin yang hasilnya begini-begini saja? Atau mencoba hal-hal baru yang mungkin akan memberikan hasil yang berbeda? Cuma waktu yang bisa menjawab.. Semoga nanti, suatu hari entah kapan, saat saya kembali membaca tulisan ini, saya bisa tersenyum mengingat hal-hal yang saya lakukan dalam jeda waktu dari sekarang, sampai suatu hari nanti tersebut🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s